Pengertian dan jenis diskusi

Pengertian dan jenis diskusi

16636
2
SHARE

Halo sahabat bangkusekolah.com.. kali ini kita akan membahas tentang diskusi. Pada artikel ini akan saya tulis mengenai pengertian diskusi, unsur-unsur diskusi serta jenis-jenis diskusi.

I. Pengertian Diskusi

Tentu kita semua pernah mendengar atau bahkan pernah melakukan diskusi. Apa sih yang dimaksud dengan diskusi? Diskusi adalah salah satu cara untuk bertukar pikiran membicarakan suatu masalah guna menemukan pengertian, kesepakatan atau keputusan bersama.

II. Unsur-unsur diskusi

Pada pelaksanaannya diskusi memerlukan unsur-unsur ideal sebagai berikut :

a. Moderator

Moderator adalah orang yang bertugas mengatur jalannya diskusi dengan tertib dan tetap sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Moderator juga bertugas untuk membuka dan menutup acara diskusi.

b. Penyaji Makalah / Pembicara / Panelis

Penyaji Makalah / Pembicara / Panelis adalah orang yang menyiapakan makalah, menyampaikan makalah dan memberikan tanggapan. Penyaji Makalah / Pembicara / Panelis merupakan orang yang menguasai tentang permasalahan yang dibahas dala diskusi.

c. Notulis

Notulis yaitu orang yang bertugas untuk mencatat jalannya diskusi dalam bentuk notula. Selain itu notulis juga berfungsi sebagai pembantu moderator dalam mencatat pokok-pokok tanggapan, menyusun simpulan diskusi dan membuat laporan diskusi.

d. Peserta / Partisipan / Audiens

Peserta / Partisipan / Audiens merupakan orang-orang yang mengikuti jalannya diskusi. Peserta / Partisipan / Audiens berhak mengajukan pertanyaan / tanggapan atas apa yang telah disampaikan oleh penyaji / pembicara / panelis. Pertanyaan atau tanggapan sebaiknya diajukan kepada penyaji / pembicara / panelis melalui moderator.

III. Laporan diskusi

Setelah selesai diskusi, disusunlah laporan diskusi oleh moderator dan notulis. Laporan diskusi yang baik haruslah sistematis dan minimal meliputi hal-hal sebagai berikut :

  • Judul laporan
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Bab perencaraan diskusi
  • Ban pelaksanaan diskusi
  • Bab kesimpulan diskusi
  • Lampiran

Selain memperhatikan hal-hal tersebut di atas, pelu diperhatikan juga hal-hal sebagai berikut :

  • Laporan disusun berdasarkan kronologis dan sistematis
  • Laporan harus disajikan secara objektif dan factual (sedapat mungkin jangan menggunakan unsur subjektif)
  • Laporan disusun dengan bahasa yang singkat dan jelas

IV. Jenis-jenis diskusi

Berikut ini adalah jenis-jenis diskusi :

a. Seminar

Seminar yaitu diskusi yang membahas permasalahan yang diajukan oleh penyaji dibawah pimpinan para ahli / pakar.

b. Simposium

Simposium adalah diskusi yang bertujuan untuk mengetahui aspek suatu masalah dalam waktu yang relative singkat.

c. Konferensi

Konferensi adalah diskusi yang dihadiri oleh perwakilan kelompok / organisasi guna membahas suatu masalah tertentu

d. Brainstorming

Brainstorming adalah diskusi yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Brainstorming lebih cenderung kepada pengungkapan pendapat oleh para peserta diskusi.

e. Diskusi panel

Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan oleh beberapa panelis dan moderator untuk membahas suatu permasalahan yang menjadi perhatian masyarakat umum.

f. Kolokium

Kolokium adalah diskusi yang menghadirkan para ahli di bidangnya sebagai narasumber untuk meluruskan suatu permasalahan yang menyimpang

g. Workshop / Lokakarya

Workshop / Lokakarya adalah pertemuan yang dihadiri oleh sekelompok orang dengan latar belakang pekerjaan yang sama. Pada umumnya permasalah yang dibahas terkait dengan permasalah teknis yang ada dalam kelompok tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang diskusi, semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Terima kasih atas kunjungannya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY