Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem Peredaran Darah Manusia

7221
0
SHARE

A. Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Setelah artikel sebelumnya kita membahas tentang alat peredaran darah, Kali ini kita akan membahas tentang sistem peredaran darah.Sistem peredaran darah pada manusia dibedakan menjadi 2 yaitu :

a. Sistem peredaran darah kecil

Pada sistem peredaran darah kecil, darah yang penuh dengan CO2 (karbon dioksida) dari bilik kanan jantung keluar dan masuk ke arteri paru-paru. Terjadilah pertukaran CO2 dengan O2 (oksigen) pada paru-paru. Kemudian darah yang kaya akan O2 (oksigen) akan dibawa masuk ke serambi kiri jantung. Secara sederhana berikut ini adalah alur sistem peredaran darah kecil.

jantung (bilik kanan) -> paru-paru -> jantung(serambi kiri)

b. Sistem peredaran darah besar

Pada sistem peredaran darah besar, darah yang kaya dengan O2 dari bilik kiri jantung diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh nadi. Terjadilah pertukaran O2 dengan CO2. Kemudian darah yang kaya dengan CO2 dibawa ke serambi kanan melalui pembuluh balik.
Secara sederhana berikut ini adalah alur sistem peredaran darah besar.

jantung (bilik kiri) -> seluruh tubuh -> jantung(serambi kanan)

sistem peredaran darah

B. Kelainan pada sistem peredaran darah

Berikut ini kelainan atau gangguan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.

  • Penyakit jantung coroner, yaitu penyakit jantung yang disebabkan oleh gangguan aliran darah pada pembuluh darah coroner. Pembuluh darah coroner yaitu arteri dan vena yang mengalirkan darah pada jantung itu sendiri. Pemicunya adalah pengerasan pembuluh nadi akibat pengendapan lemak.
  • Varises, yaitu pelebaran pembuluh darah, sehingga pembuluh darah tampak membesar.
  • Hpertensi, yaitu tekanan darah yang melebihi normal
  • Hipotensi, yaitu tekanan darah di bawah normal
  • Wasir / ambeien , yaitu pembesaran pembuluh balik disekitar anus.
  • Anemia, yaitu rendahnya kadar hemoglobin dalam darah.
  • Leukimia, yaitu leukosit yang berkembang tidak terkendali sehingga memakan sel darah merah
  • Hemofilia, yaitu kelainan genetik pada darah yang disebabkan kekurangan faktor pembekuan darah, sehingga penderita rentan terhadap pendarahan yang berkepanjangan.
  • Talasemia, yaitu penyakit keturunan pada darah yang menyebabkan usia sel-sel darah menjadi pendek, mudah pecah dan kemampuan mengangkut oksigen menjadi berkurang.

Demikianlah pembahasan tentang sistem peredaran darah pada manusia serta kelainan atau gangguan pada sistem peredaran darah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY