Metode Pidato

Metode Pidato

677
0
SHARE

Sahabat bangkusekolah pasti sering kali mendengar kata pidato. Tahukah sahabat, apa itu pidato, macam-macam pidato maupun metode pidato? Dalam posting kali ini, kita akan belajar tentang pengertian pidato, macam-macam pidato, metode pidato serta kerangka pidato.

Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan. Sehingga ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan pidato, diantaranya intonasi (tempo, tekanan, panjang pendek ucapan), gerak-gerik, serta mimik wajah.

Jenis Pidato

Berdasarkan tujuannya pidato dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :

  • Pidato Persuasif yaitu pidato yang ditujukan untuk membangkitkan emosi para pendengarnya sehingga pendengar diharapkan akan menyetujui suatu hal, atau untuk membangkitkan tindakan yang diinginkan dari pendengarnya. Pada umumnya pidato ini bersifat mendorong atau mengajak.
  • Pidato informatif/instruktif yaitu pidato yang ditujukan agar para pendengarnya mendapatkan pemahaman atas suatu informasi. Pidato informatif bersifat memberitahukan / mengabarkan.
  • Pidato Spektakuler yaitu pidato yang ditujukan untuk menghibur pendengarnya. Sesuai dengan tujuannya, pidato spektakuler bersifat menghibur.

Metode Pidato

Metode Pidato, bisa dibedakan menjadi

  • Improtum (serta merta). Pada metode ini pembicaraan menggunakan teknik spontanitas / improvisasi. Pada umumnya digunakan pada pidato yang mendadak.
  • Menghafal. Pada metode ini pembicara menghafalkan teks yang telah disusun sebelumnya.
  • Naskah. Pada metode ini pembicara membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Ekstemporan. Metode ini merupakan kombinasi dari ketiga metode di atas. Pembicara menyiapkan kerangka pidato kemudian kerangka tersebut dikembangkan dengan improvisasi.

Kerangka Pidato

Pada bagian di atas kita menynggung tentang kerangka pidato. Berikut ini adalah bagian dari kerangka pidato :

  • Pendahuluan, yaitu uraian yang bertujuan untuk mempersiapkan pendengar pada pokok permasalahan yang hendak disampaikan.
  • Isi, berisi gagasan pokok yang ingin disampaikan
  • Penutup. Berisi rangkuman atas isi pidato, seruan atau penegasan kembali.

Isi pidato dapat dipahami apabila pembicara menggunakan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang isinya masuk akal, menggunakan kata-kata yang tepat serta tidak menimbulkan kerancuan bagi pendengarnya.

Demikianlah pembahasan kita tentang pidato. Semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Jangan lupa komentar dan like nya ya. Terima kasih.

SHARE
Previous articleKlasifikasi Makhluk Hidup
Next articlePerpindahan Kalor dan Jenisnya
Seorang ayah yang tertarik dengan pendidikan dan teknologi informasi :D

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY