Pengertian Besaran dan Ukuran

Pengertian Besaran dan Ukuran

1045
0
SHARE

Sahabat bangku sekolah pasti pernah mendengar istilah panjang, waktu, massa atau mungkin suhu. Tahukah sahabat apakah sebenarnya istilah-istilah tersebut ? Istilah-istilah tersebut merupakan bagian dari besaran.

Besaran

Lalu apakah pengertian besaran itu ? Pengertian besaran : Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan memiliki satuan.

Secara umum besaran terbagi menjadi empat kelompok, yaitu :

  • Besaran pokok
  • Besaran turunan
  • Besaran vektor
  • Besaran skalar

Besaran pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlebih dahulu. Besaran pokok terdiri dari 7 jenis, yaitu :

besaran
besaran pokok

Besaran turunan

Besaran turunan yaitu besaran yang satuannya merupakan hasil penurunan dari satuan besaran pokok. Misalnya : luas dengan satuan m2, volume dengan satuan m3, kecepatan dengan satuan m/sBesaran turunan

Besaran vektor

Besaran vektor yaitu besaran yang memiliki nilai dan arah. Contoh dari besaran vektor antara lain kecepatan dan tekanan.

Besaran skalar

Besaran skalar yaitu besaran yang hanya memiliki nilai saja. Contoh panjang, suhu, waktu dll.

Baiklah pada bagian di atas kita telah mengenal macam-macam besaran, selanjutnya tahukah sahabat apa yang dimaksud dengan satuan ?

Satuan

Pengertian satuan : Satuan adalah pembanding dalam melakukan pengukuran. Satuan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • Satuan baku, yaitu satuan yang telah diakui secara internasional dan memiliki standar yang tetap. Contoh satuan baku antara lain kilometer, meter, gram.
  • Satuan tidak baku, yaitu satuan yang tidak memiliki standar yang tetap, sehingga hasil pengukuran bisa berbeda-beda. Satuan tidak baku tidak diakui secara internasional. Contoh satuan tidak baku antara lain depa, hasta, jengkal.

Pengukuran

Pengertian pengukuran : Pengukuran adalah proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain dan hasilnya dinyatakan dalam angka.

Cara melakukan pengukuran

Lalu bagaimanakah cara melakukan pengukuran ? Untuk melakukan pengukuran tergantung pada besaran apa yang ingin kita ukur.

  • Untuk melakukan pengukuran panjang, misalnya, kita bisa menggunakan penggaris, jangka sorong atau mikrometer.
  • Untuk melakukan pengukuran massa, kita bisa menggunakan timbangan, neraca.
  • Untuk melakukan pengukuran waktu, kita bisa menggunakan arloji, stop watch.
  • Untuk melakukan pengukuran volume, kita bisa menggunakan rumus perhitungan volume. Misalnya untuk mendapatkan volume balok, kita menggunakan rumus panjang x lebar x tinggi.
  • Untuk melakukan pengukuran suhu, kita bisa menggunakan termometer.

Demikianlah bahasan kita mengenai pengertian besaran dan ukuran, semoga bermanfaat buat sahabat setia bangku sekolah. Ditunggu komentar dan likenya ya. hehe. Terima kasih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY